Buru Kemenag__
Musabaqah Tilawatil Qur an (MTQ) Tingkat Provinsi yang direncanakan akan berlangsung pada tahun 2019 di kabuapten Buru menjadi peringatan bagi Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur an (LPTQ) Kabupaten Buru untuk menyusun berbagai program guna mempersiapkan calon peserta terbaiknya. Salah satunya dengan melakukan penjaringan secara langsung pada setiap TPQ/TPA di kecamatan. Rapat pembahasan ini berlangsung di aula kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru, Senin (23/10/17) dan dipimpin langsung oleh ketua LPTQ Kabupaten Buru, Karim Toekan didampingi sekertaris umum LPTQ,  Abd Hasan Karepesina. Hadir serta Kakankemenag Buru selaku pembina LPTQ Kabupaten Buru, Taslim Tuasikal dan para pengurus LPTQ.

Saat berlangsungnya pembahasan, anggota bidang Pembinaan, Ode Badwi mengungkapkan rasa prihatinnya terhadap perkembangan santri TPA/TPQ saat ini dimana mereka yang akan menjadi calon peserta MTQ baik pada tingkat kecamatan maupun pada tingkat kabupaten sangat membutuhkan pembinaan yang cukup panjang. Dirinya mengusulkan agar LPTQ membuat program pelatihan kepada pengasuh TPA/TPQ dengan menggunakan waktu yang cukup agar dapat memperoleh hasil yang maksimal.

“Kegiatan BIMTEK Iqra’ dan Ilmu Tajwid yang diselenggarakan atas kerjasama Tim Penggerak PKK dengan Kementerian Agama Kabupaten Buru  dalam jangka waktu tiga hari tidak cukup. Sebaiknya kita (LPTQ_red) harus melakukan pelatihan kepada guru TPQ selama seminggu.” usul Badwi.

Sejak awal, lanjutnya LPTQ harus memberikan pengetahuan yang jelas kepada para pengasuh TPA/TPQ karena mereka yang akan meneruskan kepada para santri TPA/TPQ. Dengan demikian LPTQ akan mudah memperoleh bibit calon peserta MTQ.

Tidak berbeda jauh pendapat dengan Badwi, menurut Afif Arwani yang juga sebagai anggota Bidang Pembinaan mengusulkan agar LPTQ Kabupaten Buru dapat mempercepat pelaksanaan MTQ baik pada Tk kecamatan maupun pada Tk Kabupaten sehingga waktu pembinaan calon peserta terbaik MTQ TK Provinsi lebih maksimal.

Merangkum semua usulan tersebut, pembina LPTQ Kabupaten Buru, Taslim Tuasikal secara tegas mengharapkan para pengurus LPTQ segera melaksanakan  usulan program maupun kegiatan yang telah disepakati bersama demi keberhasilan di MTQ TK Provinsi nanti. (humas)