Buru Kemenag__Rapat akhir persiapan panitia wisuda santri yang berlangsung di Aula Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buru, juma’at (20/10/2017) pukul 09.00 wit dihadiri oleh  Kepala Kantor Kemenag Kab. Buru, Taslim Tuasikal dan ketua Tim Penggerak PKK Buru,  Sukmawati R Umasugi selaku ketua panitia kegiatan.

Berdasarkan data panitia wisuda santri 2017 jumlah peserta wisuda santri TPQ Kabupaten Buru Angkatan III yang berasal dari kecamatan Namlea 364 peserta, kecamatan Llilialy 121 peserta, kecamatan Waplau 260 peserta, kecamatan Air Buaya 204 peserta, kecamatan Fena Leisela 79 peserta, kecamatan Waeapo 169 peserta, kecamatan Waelata 57 peserta, kecamatan Lolong Guba 178 peserta, kecamatan Teluk Kayeli 65 peserta, Kecamatan Batabual 155 peserta. “ Total peserta Santri yang akan mengikuti wisuda santri TPQ tahun 2017 ini sebanyak 1.652 orang.”ungkap Kakankemenag Buru, Taslim Tuiasikal.

Dalam tiga tahun terakhir ini, wisuda akbar santri yang telah dilaksanakan setiap tahun di Kabupaten Buru bertujuan untuk menciptakan negeri Bupolo yang agamis. Dengan adanya PERDA nomor 5 tentang Gerakan Masyarakat Bupolo Maghrib Mangaji (Gelora), Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Buru,Taslim Tuasikal menjelaskan para dewan juri wisuda santri secara objektif telah melakukan ujian kepada seluruh peserta pendaftar wisuda santri TPQ 2017 sehingga yang berhak mengikuti wisuda berjumlah 1.652 santri.

“Sebelumnya jumlah sanri TPQ yang mendaftar sebnyak 1.889 santri sekabupaten Buru.” Terang Taslim. Dirinya optimis wisuda akbar santri TPQ tahun 2017 yang akan berlangsung tanggal 24 Oktober 2017 dapat berlangsung sukses.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Buru, Sukmawati R Umasugi meminta dukungan dari seluruh panitia untuk dapat mengsukseskan kegiatan ini. “Saya akan berusaha bekerja dengan baik dan penuh tanggung jawab. Tentu dukungan kerjasama panitia ini saya harapkan.” ungkapnya.

Kepanitiaan yang juga sebagiannya berasal dari Pemerintah Daerah (PEMDA) ini dalam rapat yang ketiga ini telah membahas tugas masing-masing divisi dengan dana yang telah disiapkan dari dana hibah APBD TA 2017.(ancha)